Bacaan dan Tafsir Ibnu Katsir QS Al Baqarah Ayat 35: Awal Mula Larangan Kepada Nabi Adam

- Rabu, 25 Januari 2023 | 18:08 WIB
Bacaan dan Tafsir Ibnu Katsir QS Al Baqarah Ayat 35: Awal Mula Larangan Kepada Nabi Adam (Pixabay)
Bacaan dan Tafsir Ibnu Katsir QS Al Baqarah Ayat 35: Awal Mula Larangan Kepada Nabi Adam (Pixabay)

RELIGI - Bacaan dan Tafsir Ibnu Katsir QS Al Baqarah Ayat 35: Awal Mula Larangan Kepada Nabi Adam.

Tafsir menurut bahasa adalah penjelasan atau keterangan. Menurut Abu Hayyan Tafsir adalah ilmu mengenai cara pengucapan kata-kata al-Qur'an serta cara mengungkapkan petunjuk, kandungan-kandungan hukum dan makna-makna yang terkandung di dalamnya.

Al-Qur'an adalah bahasa pengungkapan tertinggi karens langsung dari Allah SWT sendiri. Oleh karena itu, untuk mengetahui makna dan kandugan dalam Al-Qur'an tidak boleh dilakukan oleh sembarangan orang.

Baca Juga: Bacaan dan Tafsir Ibnu Katsir QS Al Baqarah Ayat 34: Alasan Iblis Termasuk Golongan Orang yang Kafir

وَقُلْنَا يٰٓاٰدَمُ اسْكُنْ اَنْتَ وَزَوْجُكَ الْجَنَّةَ وَكُلَا مِنْهَا رَغَدًا حَيْثُ شِئْتُمَاۖ وَلَا تَقْرَبَا هٰذِهِ الشَّجَرَةَ فَتَكُوْنَا مِنَ الظّٰلِمِيْنَ   ( البقرة: ٣٥ )

Wa Qulnā Yā 'Ādamu Askun 'Anta Wa Zawjuka Al-Jannata Wa Kulā Minhā Raghadāan Ĥaythu Shi'tumā Wa Lā Taqrabā Hadhihi Ash-Shajarata Fatakūnā Mina Až-Žālimīna. (al-Baq̈arah 2:35)

Artinya:
Dan Kami berfirman, “Wahai Adam! Tinggallah engkau dan istrimu di dalam surga, dan makanlah dengan nikmat (berbagai makanan) yang ada di sana sesukamu. (Tetapi) janganlah kamu dekati pohon ini, nanti kamu termasuk orang-orang yang zhalim!” (QS. [2] Al-Baqarah : 35)


Allah Swt. berfirman memberitakan kehormatan yang dianugerahkan-Nya kepada Adam, sesudah memerintahkan kepada para malaikat agar bersujud kepadanya, lalu mereka sujud kepadanya kecuali iblis, bahwa Dia memperbolehkan baginya surga untuk tempat tinggalnya di mana pun yang dikehendakinya.

Adam boleh memakan makanan yang dia sukai dengan leluasa, yakni dengan senang hati, berlimpah, dan penuh dengan kenikmatan.

Al-Hafiz Abu Bakar ibnu Murdawaih meriwayatkan dari hadis Muhammad ibnu Isa Ad-Damigani, telah menceritakan kepada kami Saiamah ibnul Fadl. dari Mikail, dari Lais, dari Ibrahim At-Taimi, dari ayahnya, dari Abu Zar yang menceritakan hadis berikut: Aku bertanya, "Wahai Rasulullah, bagaimanakah menurutmu Adam, apakah dia seorang nabi?"

Halaman:

Editor: Siti Muyassarotul Hafidzoh

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X