Bacaan dan Tafsir Ibnu Katsir QS Al Baqarah Ayat 34: Alasan Iblis Termasuk Golongan Orang yang Kafir

- Rabu, 25 Januari 2023 | 06:50 WIB
Bacaan dan Tafsir Ibnu Katsir QS Al Baqarah Ayat 34: Alasan Iblis Termasuk Golongan Orang yang Kafir (Pixabay)
Bacaan dan Tafsir Ibnu Katsir QS Al Baqarah Ayat 34: Alasan Iblis Termasuk Golongan Orang yang Kafir (Pixabay)

RELIGI - Bacaan dan Tafsir Ibnu Katsir QS Al Baqarah Ayat 34: Alasan Iblis Termasuk Golongan Orang yang Kafir.

Tafsir menurut bahasa adalah penjelasan atau keterangan. Menurut Abu Hayyan Tafsir adalah ilmu mengenai cara pengucapan kata-kata al-Qur'an serta cara mengungkapkan petunjuk, kandungan-kandungan hukum dan makna-makna yang terkandung di dalamnya.

Al-Qur'an adalah bahasa pengungkapan tertinggi karens langsung dari Allah SWT sendiri. Oleh karena itu, untuk mengetahui makna dan kandugan dalam Al-Qur'an tidak boleh dilakukan oleh sembarangan orang.

Baca Juga: Bacaan dan Tafsir Ibnu Katsir QS Al Baqarah Ayat 33: Tuhan yang Mengetahui Segalanya

وَاِذْ قُلْنَا لِلْمَلٰۤىِٕكَةِ اسْجُدُوْا لِاٰدَمَ فَسَجَدُوْٓا اِلَّآ اِبْلِيْسَۗ اَبٰى وَاسْتَكْبَرَۖ وَكَانَ مِنَ الْكٰفِرِيْنَ  ( البقرة: ٣٤ )

Wa 'Idh Qulnā Lilmalā'ikati Asjudū Li'dama Fasajadū 'Illā 'Iblīsa 'Abaá Wa Astakbara Wa Kāna Mina Al-Kāfirīna. (al-Baq̈arah 2:34)

Artinya:
Dan (ingatlah) ketika Kami berfirman kepada para malaikat, “Sujudlah kamu kepada Adam!” Maka mereka pun sujud kecuali Iblis. Ia menolak dan menyombongkan diri, dan ia termasuk golongan yang kafir. (QS. [2] Al-Baqarah : 34)


Hal ini merupakan penghormatan yang besar dari Allah Swt. buat Adam dan dapat dilimpahkan kepada keturunannya, yaitu ketika Allah Swt. memberitahukan bahwa Dia telah memerintahkan kepada para malaikat untuk bersujud menghormati Adam.

Kenyataan ini diperkuat pula oleh banyak hadis yang menunjukkan bahwa hal tersebut benar-benar terjadi. Antara lain ialah hadis mengenai syafaat yang telah disebutkan di atas dan hadis yang mengisahkan Nabi Musa a.s., yaitu:

Wahai Tuhanku, perlihatkanlah kepadaku Adam yang telah mengeluarkan diri kami dan dirinya sendiri dari surga.

Halaman:

Editor: Siti Muyassarotul Hafidzoh

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X