Bacaan dan Tafsir QS Lukman ayat 29: Mengapa Terjadi Perpanjangan Waktu dan Perubahan Musim?

- Rabu, 25 Januari 2023 | 06:10 WIB
Bacaan dan Tafsir QS Lukman ayat 29: Bagaimanakah Terjadinya Siang dan Malam Serta Adanya Perubahan Musim? (kolase canva/ Dunia Anak Indonesia)
Bacaan dan Tafsir QS Lukman ayat 29: Bagaimanakah Terjadinya Siang dan Malam Serta Adanya Perubahan Musim? (kolase canva/ Dunia Anak Indonesia)

Religi -  Bacaan dan Tafsir QS Lukman ayat 29: Bagaimanakah Terjadinya Siang dan Malam Serta Adanya Perubahan Musim?.

Pada QS Lukman ayat 29 ini Allah melihatkan kepada semua manusia tentang terjadinya perpanjangan waktu  siang dan malam dan kenapa ada perubahan musim yang terjadi. 

QS Lukman terdiri dari 34 ayat yang menempati urutan Surah ke 31 dalam Al Quran dan tergolong Surah Makkiyah. 

Baca Juga: Bacaan dan Tafsir QS Lukman ayat 28: Sebuah Kemudahan Bagi Allah dalam Menjadikan Sesuatu yang Diinginkan-Nya

Berikut bacaan QS Lukman ayat 29 lengkap dengan tafsir Kemenag dan tafsir Ibnu Katsir yang memberikan penjelasan dari ayat tersebut. 

اَلَمْ تَرَ اَنَّ اللّٰهَ يُوْلِجُ الَّيْلَ فِى النَّهَارِ وَيُوْلِجُ النَّهَارَ فِى الَّيْلِ وَسَخَّرَ الشَّمْسَ وَالْقَمَرَۖ كُلٌّ يَّجْرِيْٓ اِلٰٓى اَجَلٍ مُّسَمًّى وَّاَنَّ اللّٰهَ بِمَا تَعْمَلُوْنَ خَبِيْرٌ ( لقمان: ٢٩ )

'Alam Taraá 'Anna Allāha Yūliju Al-Layla Fī An-Nahāri Wa Yūliju An-Nahāra Fī Al-Layli Wa Sakhkhara Ash-Shamsa Wa Al-Qamara Kullun Yajrī 'Ilaá 'Ajalin Musamman Wa 'Anna Allāha Bimā Ta`malūna Khabīrun. (Luq̈mān 31:29)

Artinya:
Tidakkah engkau memperhatikan, bahwa Allah memasukkan malam ke dalam siang dan memasukkan siang ke dalam malam dan Dia menundukkan matahari dan bulan, masing-masing beredar sampai kepada waktu yang ditentukan. Sungguh, Allah Mahateliti apa yang kamu kerjakan. (QS. [31] Luqman : 29)

Tafsir Lengkap Kemenag


Dalam ayat ini, Allah menyuruh manusia memperhatikan dan memikirkan kekuasaan-Nya. Dia memasukkan malam kepada siang, dan memasukkan siang kepada malam. Maksudnya ialah bahwa Allah mengambil sebagian dari waktu malam, lalu ditambahkannya kepada waktu siang, maka terjadilah perpanjangan waktu siang itu, sebaliknya malam menjadi pendek, akan tetapi sehari semalam tetap 24 jam.

Halaman:

Editor: Mahmudah

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X