Bacaan dan Tafsir Ibnu Katsir QS Al Baqarah Ayat 33: Tuhan yang Mengetahui Segalanya

- Rabu, 25 Januari 2023 | 06:40 WIB
Bacaan dan Tafsir Ibnu Katsir QS Al Baqarah Ayat 33: Tuhan yang Mengetahui SegalanyaBacaan dan Tafsir Ibnu Katsir QS Al Baqarah Ayat 33: Tuhan yang Mengetahui Segalanya (Pixabay)
Bacaan dan Tafsir Ibnu Katsir QS Al Baqarah Ayat 33: Tuhan yang Mengetahui SegalanyaBacaan dan Tafsir Ibnu Katsir QS Al Baqarah Ayat 33: Tuhan yang Mengetahui Segalanya (Pixabay)

RELIGI - Bacaan dan Tafsir Ibnu Katsir QS Al Baqarah Ayat 33: Tuhan yang Mengetahui Segalanya.

Tafsir menurut bahasa adalah penjelasan atau keterangan. Menurut Abu Hayyan Tafsir adalah ilmu mengenai cara pengucapan kata-kata al-Qur'an serta cara mengungkapkan petunjuk, kandungan-kandungan hukum dan makna-makna yang terkandung di dalamnya.

Al-Qur'an adalah bahasa pengungkapan tertinggi karens langsung dari Allah SWT sendiri. Oleh karena itu, untuk mengetahui makna dan kandugan dalam Al-Qur'an tidak boleh dilakukan oleh sembarangan orang.

قَالَ يٰٓاٰدَمُ اَنْۢبِئْهُمْ بِاَسْمَاۤىِٕهِمْ ۚ فَلَمَّآ اَنْۢبَاَهُمْ بِاَسْمَاۤىِٕهِمْۙ قَالَ اَلَمْ اَقُلْ لَّكُمْ اِنِّيْٓ اَعْلَمُ غَيْبَ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضِۙ وَاَعْلَمُ مَا تُبْدُوْنَ وَمَا كُنْتُمْ تَكْتُمُوْنَ   ( البقرة: ٣٣ )

Qāla Yā 'Ādamu 'Anbi'hum Bi'asmā'ihim Falammā 'Anba'ahum Bi'asmā'ihim Qāla 'Alam 'Aqul Lakum 'Innī 'A`lamu Ghayba As-Samāwāti Wa Al-'Arđi Wa 'A`lamu Mā Tubdūna Wa Mā Kuntum Taktumūna. (al-Baq̈arah 2:33)

Artinya:
Dia (Allah) berfirman, “Wahai Adam! Beritahukanlah kepada mereka nama-nama itu!” Setelah dia (Adam) menyebutkan nama-namanya, Dia berfirman, “Bukankah telah Aku katakan kepadamu, bahwa Aku mengetahui rahasia langit dan bumi, dan Aku mengetahui apa yang kamu nyatakan dan apa yang kamu sembunyikan?” (QS. [2] Al-Baqarah : 33)


Allah berfirman, "Hai Adam, beritahukanlah kepada mereka nama-nama benda ini." Maka setelah diberitahukannya kepada mereka nama-nama benda itu, Allah berfirman,

"Bukankah sudah Kukatakan kepada kalian, sesungguhnya Aku mengetahui rahasia langit dan bumi dan mengetahui apa yang kalian lahirkan dan apa yang kalian sembunyikan."

Zaid ibnu Aslam mengatakan, Adam menyebutkan semua nama, antara lain: "Kamu Jibril, kamu Mikail, dan kamu Israfil," dan nama semua makhluk satu persatu hingga sampai pada nama burung gagak.

Mujahid mengatakan, sehubungan dengan firman-Nya:

Halaman:

Editor: Siti Muyassarotul Hafidzoh

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X