Ruang Bermain Ramah Anak Mampu Mengembangkan 4 Kecerdasan

- Rabu, 18 Januari 2023 | 10:38 WIB
Pentingnya Ruang Bermain Ramah Anak untuk Mengembangkan 4 Kecerdasan (pixabay)
Pentingnya Ruang Bermain Ramah Anak untuk Mengembangkan 4 Kecerdasan (pixabay)

Pendidikan - Ruang Bermain Ramah Anak Mampu Mengembangkan 4 Kecerdasan.

Ruang Bermain Ramah Anak ( RBRA ) adalah ruang yang dinyatakan sebagai tempat dan/atau wadah yang mengakomodasi kegiatan anak bermain dengan aman dan nyaman.

Mereka juga terlindungi dari kekerasan, dan hal-hal lain yang membahayakan, tidak dalam situasi dan kondisi diskriminatif, demi keberlangsungan tumbuh kembang anak secara optimal dan menyeluruh, baik fisik, spiritual, intelektual, sosial, moral, mental, emosional, dan pengembangan bahasa.

Baca Juga: Pentingnya Menyusun Strategi Pendidikan Anti Kekerasan, Begini Menurut Menteri PPPA

Ruang Bermain Ramah Anak ( RBRA ) dapat dibangun dan dikembangkan di lingkungan alami dan lingkungan buatan.

Penyelenggaraan RBRA adalah untuk meningkatkan kualitas anak dalam hal kecerdasan intelektual, kecerdasan sosial budaya, kecerdasan Bahasa dan komunikasi serta keterampilan motorik dan fisik.

Penyelenggaraan RBRA juga merupakan salah satu upaya percepatan Kabupaten/Kota Layak Anak (KLA) untuk mewujudkan Indonesia Layak Anak (IDOLA) pada tahun 2030 yang diperkuat dengan disahkanya Peraturan Presiden (Perpres) No 25 Tahun 2021 Tentang Kebijakan Kabupaten/Kota Layak Anak.

Di samping itu, pentingnya RBRA juga dapat dilihat dari manfaat langsung untuk mengembangkan 4 kecerdasan anak sebagaimana dijelaskan berikut ini:

1. Mengembangkan kecerdasan intelektual dan pengetahuan (IP) - melalui berbagai informasi yang tertulis pada papan yang berada di dalam dan sekitar area RBRA. Contoh tulisan pada papan vegetasi: Pohon Kamboja Putih/ White Plumeria;

2. Menumbuhkan kecerdasan emosional dan sosial (ES) - perilaku sopan santun, etika, sikap patuh terhadap peraturan dan sikap waspada dan kehati-hatian - melalui pematuhan terhadap berbagai aturan yang tertulis pada papan yang berada di dalam dan sekitar area RBRA. Contoh tata tertib: Antri Dalam Menggunakan Alat/ Perabot Bermain;

Halaman:

Editor: Siti Muyassarotul Hafidzoh

Sumber: kemendikbud

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X