Pentingnya Menyusun Strategi Pendidikan Anti Kekerasan, Begini Menurut Menteri PPPA

- Senin, 16 Januari 2023 | 10:58 WIB
Pentingnya Menyusun Strategi Pendidikan Anti Kekerasan, Begini Menurut Menteri PPPA (kemenpppa.go.id)
Pentingnya Menyusun Strategi Pendidikan Anti Kekerasan, Begini Menurut Menteri PPPA (kemenpppa.go.id)

Berita - Menyusun strategi dalam memberikan Pendidikan Anti Kekerasan terhadap anak usia dini dirasa sangat penting.

Menurut Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), Bintang Puspayoga, anak termasuk dalam kelompok yang rentan mengalami kekerasan dan eksploitasi. Oleh karena itu penting menyusun strategi pendidikan anti kekerasan terhadap anak.

Dilansir dari Kemenpppa.go.id, Menteri PPPA menjelaskan bahwa berdasarkan data Sistem Informasi Online Perlindungan Perempuan dan Anak (SIMFONI PPA), pada Januari-November 2022 terdapat 1.664 anak berusia kurang dari 6 tahun yang menjadi korban kekerasan.

Baca Juga: Ini Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini, Guru Harus Tahu

"Melihat data tersebut, hal ini memerlukan dukungan berbagai pihak untuk berpartisipasi dalam pencegahan kekerasan terhadap anak,” ujar Menteri PPPA dalam Webinar dan Workshop Pendidikan Anti Kekerasan di Satuan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), secara online, Minggu (15/1).

Menurutnya guru dan orang tua dapat mensosialisasikan nilai-nilai anti kekerasan pada anak usia dini dengan berbagai cara, seperti bercerita atau mendongeng, melalui alat permainan, maupun melalui musik.

“Menggunakan berbagai metode yang ada dapat membentuk kepribadian maupun perkembangan emosi anak, sehingga dapat mencegah terjadinya kekerasan terhadap anak,” kata Menteri PPPA.

Dalam hal penanganan, Menteri PPPA mengatakan, pihaknya telah menyediakan hotline Sahabat Perempuan dan Anak (SAPA) sebagai layanan pengaduan dan perlindungan bagi perempuan dan anak.

“Bagi Ibu/Bapak sekalian yang mengalami, mendengar, atau mengetahui kasus kekerasan yang menimpa perempuan maupun anak dapat langsung menghubungi (021) 129 atau melalui Whatsapp 08111-129-129,” tutur Menteri PPPA.

Dalam kesempatan yang sama, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Nadiem Makarim menegaskan, satuan PAUD harus menjadi lingkungan belajar yang menyenangkan, inklusif, dan bebas dari segala bentuk kekerasan.

Halaman:

Editor: Siti Muyassarotul Hafidzoh

Sumber: kemenpppa.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pemberantasan Korupsi Dengan Perubahan Perilaku

Selasa, 3 Januari 2023 | 19:41 WIB

Lima Destinasi Wisata Unik Cocok Untuk Dikunjugi

Selasa, 3 Januari 2023 | 12:51 WIB
X